Diposkan pada writting/blogging

Menghapus Postingan Lama diFaceBook

Pagi yang kurang kerjaan, iseng membuka profil facebook sendiri. Gulir dan gulir sampailah disebuah status yang sudah dibuat bertahun-tahun yang lalu. Terkejut dan merinding bukan main membaca status tak terduga! Dan mulai mengingat apa ini memang saya yang tulis? Ingat mengingat dan akhirnya sadar bahwa memang ini saya yang tulis.

Ada status dengan bahasa alay, lengkap dengan cara penulisan yang agak rempong, huruf besar lalu huruf kecil digado-gadoin, kutipan lirik lagu galau lengkap dengan emot galau berlebihannya, status dengan emot alay terlalu banyak yang bikin sakit mata. Belum lagi foto dengan pose mengimut-imutkan diri yang terlalu menggelikan untuk dilihat, dan foto dengan pose tanpa pertimbangan yang matang. Intinya postingan ditahun-tahun itu dipenuhi dengan postingan alay yang hakiki.

Status Alay

Mungkin beberapa dari pembaca juga merasakan apa yang saya rasa ketika melihat status facebook zaman dahulu kala. Mulai merinding membayangkan tanggapan orang lain ketika membaca status tersebut. Terlebih pengaruhnya dengan profesi kita yang dituntut untuk bisa digugu dan ditiru.

Pada saat itu memang tidak terpikir akibat apa yang akan ditimbulkan dari postingan tersebut. Melihat status muncul dilinimasa (beranda) saja sudah bahagia, apalagi sampai ada yang komen atau like. Bisa dikatakan wajar karena memang saat itu masih pada usia remaja, yang pada dasarnya tidak terlalu memikirkan resiko, walau pun tidak secara keseluruhan namun pada zamannya alay sedang meraja lela. Namun apakah ada pertimbangan postingan ‘sebagai remaja’ pada saat seseorang membacanya sekarang? Yah tentu tidak. Terlebih bila saja kamu sekarang adalah seorang atasan yang disegani, dan ternyata postinganmu yang dulu adalah seseorang yang alay. Membanting sekali dengan imej yang sudah kamu bangun. Memang tak bisa dipungkiri orang akan mulai membandingkan bagaimana kamu dulu dengan kamu yang sekarang.

Seiring berjalannya waktu sikap kita mulai berubah, mulai memikirkan sebab dan akibat dari perbuatan yang dilakukan. Cara berpikir kita yang mulai bijak ini bentuk upaya menghindarkan diri dari resiko yang akan ditimbulkan, baik dalam mengambil keputusan, berkata-kata, berperilaku, termasuk juga memutuskan postingan apa yang patut untuk dipublikasikan.

Beberapa perusahaan kini pun mulai selektif menyaring pekerjanya, bahkan menilai kepribadian calon pekerja dengan melihat postingan yang ada pada media sosialnya. Siapa sangka bahkan postingan yang dulunya kita anggap sepele kini menjadi begitu diperhitungkan. Pada kasus lain, bisa kita lihat beberapa artis atau tokoh politik yang menghebohkan publik akibat dari postingan dahulu kala yang dimunculkan kembali oleh selentingan orang untuk mencemarkan nama baiknya. Postingan yang sebenarnya banyak dipublis oleh orang awam menjadi begitu menghebohkan ketika itu dipublis oleh tokoh terkenal dan berpengaruh dimasyarakat.

Bisa jadi bukan sekarang tapi nanti kita pun akan menjadi orang yang diintai gerak-gerik nya. Mulai sekarang, ada baiknya berhati-hati dalam memosting sesuatu. Apalagi nih yang sudah mulai beranjak usia dewasa. Lalu bagaimana dengan status kita yang sudah lewat? Bisa jadi kita tidak sadar bahwa ada beberapa orang yang kurang kerjaan atau memang ingin menjatuhkan kita dengan mencari info untuk dijadikan bahan cemoohan. Naudzubillah! Atau bisa jadi seseorang yang menaruh hati pada kita sedang menilai melalui postingan yang pernah kita bagikan (geer bener ya).

Sebelum terlambat sama sekali, yuk kita cek postingan yang telah lalu bilamana ada postingan yang agak ‘ceroboh’ untuk dihapus. Ini langkah-langkahnya:

  1. Login facebook
  2. buka profil-mu
  3. klik filter postingan yang ada pada linimasa (dibawah sorotan cerita)
  4. pada menu buka, pilih tahun yang akan dicek
  5. pilih selesai, maka pada linimasa akan muncul postingan pada tahun yang kamu pilih
  6. bila ingin menghapusnya pilih menu (berupa tiga titik) pada postingan, bisa diedit, bisa dihapus atau batasi privasi.
  7. bila ingin mengecek tahun yang lain, lakukan kembali dari langkah 3 diatas.

Demikian lah cara untuk menghapus postingan lama difacebook yang mungkin tidak ingin kamu munculkan kembali pada linimasa. Semoga bermanfaat đŸ™‚

@addini

Penulis:

Guru di MTs N negeri 1 Rokan Hilir, lulusan UR2015, Minang-Melayu-Indonesia Menyukai hal-hal inspiratif :)

Satu tanggapan untuk “Menghapus Postingan Lama diFaceBook

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s